.. Sepuluh Ribu Langkah Perhari, Siapa Takut ..




Sejak pertama kali gandrung dengan kegiatan jalan pagi beberapa tahun lalu, sampai saat ini tidak pernah menghitung berapa kilometer atau berapa langkah kaki telah ditempuh setiap harinya. Yang aku lakukan hanya berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam setiap hari.  Bukan jalan cepat atau berlari, tapi berjalan normal ..

Dalam kegiatan jalan pagi tidak pernah bawa handphone atau memakai jam tangan. Di handphone juga tidak terinstall applikasi yang bisa digunakan untuk mengukur jarak / menghitung  jumlah langkah / step yang telah ditempuh. Jadi percuma juga bawa handphone.

Patokannya sudah 1 jam atau belum adalah abang siomay / batagor yang mulai mangkal. 

Kalau abang itu sudah mulai mangkal, artinya sudah jam setengah 8 pagi. Artinya juga aku sudah bisa menyudahi kegiatan jalan pagi yang selalu aku mulai jam setengah7 pagi.

Meskipun dari beberapa tahun lalu sudah mendengar dan melihat iklan “10,000 langkah setiap hari”, tapi belum juga ada keinginan untuk menghitung pasti, 10,000 langkah itu kira-kira berapa kilometer, kalaupun ingin mencapainya, butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikannnya dalam 1 hari yah ??

Sepupu aku yang sudah lebih dahulu rajin jalan pagi pernah bilang, menetapkan target untuk menjalankan 10.000 langkah per hari bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas fisik. Berjalan dapat membuat badan menjadi lebih sehat dan kuat, selain ekonomis dan mudah dilakukan. Dengan berjalan kita juga dapat menurunkan stress, berat badan, dan risiko depresi.

American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas moderat/sedang, seperti berjalan kaki setiap minggu atau setidaknya 30 menit setiap hari sebanyak lima kali dalam seminggu, dan untuk lebih optimal, dapat ditingkatkan dengan berjalan lebih cepat, 100 langkah per menitnya, yang artinya dalam 30 menit, tak terasa kita sudah berjalan 3,000 langkah.

Dan ternyata tingkat aktif seseorang bisa dikategorikan berdasarkan jumlah langkahnya setiap hari :

-        Gaya hidup Sedenter / Kurang Bergerak :  < 5,000 Langkah / Hari

-        Sedikit Aktif                                             : 5,000 – 7,499 Langkah / Hari

-        Agak Aktif                                                : 7,500 – 9,999 Langkah / Hari

-        Aktif                                                        : > 10,000 Langkah / Hari

-        Sangat Aktif                                            : > 12,500 Langkah / Hari



Apakah harus 10.000 langkah ? Banyak yang percaya bahwa jumlah langkah per hari itu penting. Semakin banyak jumlah langkah kaki, maka hasilnya untuk kesehatan makin bisa dirasakan.

Kalau buat aku pribadi, karena tidak pernah menghitung secara pasti jumlah langkah dalam 1 jam aku berjalan pagi, yakin aja sih dengan jumlah langkah yang telah ditempuh setiap hari sudah memenuhi kebutuhan per hari. Belum lagi aktifitas lain yang biasa aku lakukan dengan berjalan kaki, misalnya dari rumah ke stasiun kereta api, lalu dari stasiun ke halte busway, dan dari halte busway ke kantor. Belum termasuk bolak balik ke kamar mandi, iyess ... 

Buat yang belum mulai 10,000 langkah per hari, kita bisa melakukannya dengan mengubah kebiasaan sedikit demi sedikit setiap harinya, dari hal yang paling sederhana, misalnya mulai memilih untuk berjalan kaki ke beberapa tempat yang mudah dijangkau, misalnya dari rumah ke minimarket, menyambangi tukang sayur yang biasa mangkal ketimbang menunggu yang lewat depan rumah atau berjalan keliling perumahan dengan membawa hewan peliharaan jika dirasa berjalan sendiri kurang nyaman.

Jika membawa kendaraan pribadi ke kantor, bolehlah parkir kendaraannya agak jauh, jadi punya kesempatan untuk berjalan kaki. Bisa juga jalan sendiri untuk beli makan siang dibanding minta tolong OB, jalan santai 10 – 20 menit sekitar tempat kerja, naik / turun tangga dibanding naik lift/escalator, dll.

Entah jalan cepat atau lambat, yang penting kita konsisten dan bersemangat menjalankannya

Selamat Mencoba Yah .. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#melawan ; Biasakan Yang Benar, Bukan Membenarkan Kebiasaan

#selfreminder : Wake Up, Work Hard, Have Fun, Be kind ... REPEAT ...

New (GOOD) Habits ; Finding Joy In Tidying Up