SANTAI SEJENAK YUK ; Jalani .. Nikmati .. Syukuri ..



Baru kali ini kesampaian menulis dengan tema khusus.

Kenapa ?? Karena baru pertengahan bulan September 2020 lalu aku join dengan Komunitas 1 Minggu 1 Cerita, sementara penulisan dengan tema khusus selalu diberikan setiap minggu pertama bulan berjalan. Dan minggu – minggu berikutnya adalah tema bebas dari masing-masing blogger. 

Tema khusus pilihan anggota komunitas untuk bulan Oktober ini adalah SANTAI.

Tema ini unggul dari 3 tema lainnya yang disodorkan oleh admin, yaitu : KHIANAT, UTANG & TREND

Hmmm … SANTAI YUKKK …

Dilihat dari KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI), arti kata santai adalah Bebas Dari Rasa Ketegangan; Dalam Keadaan Bebas Dan Senggang. Dan kata Santai termasuk dalam kelas kata sifat / Adjektiva Sikap / Batin, yaitu kata sifat yang menerangkan emosi atau suasana hati, seperti halnya Bahagia / Marah / Sedih.

Buat aku, santai itu sama artinya dengan melakukan ME TIME. Waktu dimana aku bisa melakukan kesenanganku dengan penuh sukacita dan gembira. Waktu untuk menikmati diri sendiri tanpa kehadiran orang lain.

Ditengah aktifitas sehari-hari, aku selalu menyempatkan diri untuk santai sejenak, cukup 10 – 20 menit .. Koq bisa ?? Iya bisa aja .. Dalam 1 hari ada 24 jam dan  setiap 5 – 6 jam sekali aku biasakan untuk mengambil waktu jeda sesaat, entah sedang di rumah, di jalan atau di tempat bekerja ..

NGAPAIN AJAH ??

1.    BERNAPAS : Fokus mengambil napas secara perlahan. Pikiran kita mungkin akan berpencar-pencar (Monkey Mind), biarkan saja, dan cobalah mengaturnya secara perlahan dan kembali focus ke napas, merasakan udara yang masuk dan keluar melalui lubang hidung.

2.    STRETCHING / PEREGANGAN : Bangun dari tempat kita duduk/berbaring, dan bergeraklah, berikan energy pada otot atau sekedar berjalan jalan sekitar tempat kita berada.

3.    DIAM & TENANG : Tidak melakukan apa pun, hanya duduk dengan tenang. Tahan keinginan untuk melakukan apa pun. Biarkan pikiran dan tubuh kita beristirahat sejenak.

Simple kann ..


Sebagian besar orang memilih meluangkan waktu untuk santai bersama keluarga, teman, bahkan dengan hewan peliharaan, tapi tidak sedikit juga yang memilih untuk sendiri saja. Bebas sihhh .. Yang penting selalu menyenangkan hati dan tanpa paksaan. Karena santai itu sesungguhnya kita yang mengupayakan sendiri, bukan ujug-ujug jatuh dari langit, tapi kita sendiri yang harus menciptakan kondisi atau suasana santai itu, sekalipun dalam pelaksanaannya bisa dilakukan beramai-ramai.

Bagi orang yang sibuk bekerja 6 hari dalam 1 minggu, hari Minggu tentu menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu. Hari untuk bersantai dan mengistirahatkan tubuh dari segala aktifitas. Namun ada juga yang hanya bekerja 5 hari dalam 1 minggu, artinya ada 2 hari dalam seminggu yang bisa dipergunakan untuk bersantai.  

Baik 1 hari ataupun 2 hari yang dimiliki, wajib hukumnya untuk dimanfaatkan dan dinikmati dengan sebaik-baiknya.

APA YANG BISA DILAKUKAN ??

1.        JANGAN HABISKAN WAKTU DI TEMPAT TIDUR

Bolehlah bangun agak siang, sebab kita tidak akan masuk kerja. Nikmati sarapan dengan tenang dan tidak terburu-buru. Nikmati juga udara pagi yang segar dan habiskan pagi hari kita dengan menyenangkan bersama keluarga jika memungkinkan.

2.        NIKMATI WAKTU UNTUK KELUARGA

Habiskan waktu bersama keluarga secara berkualitas. Kita bisa melakukan berbagai hal menyenangkan bersama anggota keluarga lainnya, misalnya bermain kartu, monopoli atau karambol. Bepergian bersama atau sekedar makan siang bersama keluarga juga akan terasa sangat menyenangkan.

3.        NO GADGET

Nikmati hari santai kita dengan tenang dan jauh dari hiruk-pikuk dunia maya atau internet. 5 – 6 hari sudah banyak hal yang kita lakukan dengan gadget, mungkin gaddet kita pun perlu santai sejenak.

4.        ABAIKAN PEKERJAAN

Hindari sejenak membuka email atau urusan lainnya mengenai pekerjaan. Sudah cukup hari-hari sebelumnya kita habiskan untuk bekerja, dan hari ini adalah hari penuh leyeh-leyeh untuk bersantai. Tidak perlu merasa bersalah dengan mengabaikan pekerjaan saat kita sedang santai.

5.        LAKUKAN HOBI YANG MEMBUAT HATI SENANG

Lakukan apapun hobi yang membuat kita menjadi bahagia dan lebih berenergi saat harus kembali beraktifitas/bekerja. Misalnya berkebun atau menata ulang taman rumah, kita bisa melakukannya sendiri atau melibatkan anggota keluarga lain.

6.        MENYEMPATKAN DIRI BEROLAHRAGA          

Jogging di sekitar komplek tempat kita tinggal, bersepeda menuju tempat-tempat wisata terdekat atau ke pusat kebugaran bisa loh kita lakukan untuk meregangkan otot-otot tubuh yang mungkin terasa kaku karena aktifitas bekerja. Olahraga sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Usahakan selalu ada waktu dalam setiap minggunya untuk kita melakukan olahraga yang ringan sekalipun.

7.        BERWISATA

Tanpa harus berlama-lama cuti dari tempat bekerja, dan tidak juga harus mahal, kita bisa menggunakan waktu santai dengan berwisata ke tempat yang dekat, di mana kita bisa menikmati udara segar dengan pemandangan yang berbeda dari biasanya.

8.        MENIKMATI WAKTU SENDIRI

Sekalipun kita adalah mahluk social yang perlu untuk bersosialisasi, tetapi pada hakekatnya kita adalah mahluk individual. Butuh waktu untuk sendiri, Butuh menyenangkan diri sendiri juga. Ini bukan egois yah gaes, tapi Self Love,  memberikan ruang untuk mengekspresikan diri dalam berbagai aktifitas / kegiatan keseharian yang sederhana sekalipun, misalnya (yang biasa aku lakukan) : jalan pagi, dengerin music, nonton, baca buku, siram tanaman, creambath / toning rambut, refleksi / massage, nyoba resep cookies , beberes kamar / gudang, meditasi / hening atau sekedar tidur siang.




Dengan mengambil jeda sejenak untuk santai ditengah padatnya aktifitas keseharian kita, sesungguhnya kita telah meningkatkan kualitas hidup dan membuat kita tetap dalam keadaan waras, segar, bebas stres, bersemangat, tidak mudah bad mood, tidak mudah lelah, tidak mudah bosan, dll.

Seperti pepatah yang mengatakan banyak jalan menuju Roma, demikian juga banyak cara kita untuk santai iyesss ..



PIKIRAN YANG SELALU SANTAI ADALAH KUNCI UNTUK MENEMUKAN SOLUSI DARI SEMUA MASALAH KEHIDUPAN


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blessed Christmas Eve 2020 ..

.. Keep Calm & Stay Busy ...

#melawan ; Biasakan Yang Benar, Bukan Membenarkan Kebiasaan

Facing The Giants

Happiness Is A CHOICE, Not A Result