.. SEHAT, WARAS, SELARAS ..

Beberapa hari lalu, dalam perjalanan menuju ke kantor, di busway jurusan Pulo Gadung – Harmoni, saya bertemu dengan seorang ibu yang bercerita betapa kita selama ini telah dibodohi dengan pemberitaan mengenai Virus Corona (aka) Covid-19. Menurut beliau, pemberitaan media mengenai Covid 19 ini sudah terlalu dibesar-besarkan, terlalu di-blow up sehingga masyarakat menjadi begitu ketakutan. Takut beraktifitas diluar rumah, takut bertemu sesama, takut bekerja dan mencari nafkah, takut beribadah di rumah ibadah, takut naik gojek, terlebih lagi takut berobat ke dokter / puskesmas / rumah sakit .. dan masih banyak ketakutan lainnya ..  

Mendengarkan curcol pagi Ibu tersebut dari balik masker sambil senyum sumringah …  

open your mouth only if what you are going to say is more beautiful than silence

“Open your mouth only if what you are going to say is more beautiful than silence.” -Arabic Proverb




Setuju dengan hal yang disampaikan oleh Ibu tersebut mengenai pemberitaan di media yang terlalu dibesar-besarkan dengan judul / headline yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.

 Yahhhh … Setiap media berhak untuk menetapkan judul untuk beritanya dengan tujuan para pembaca tertarik untuk membaca, padahal isinya (kerap kali) tidak seseram dengan judul besar / headline.

 Pada awal2 virus corona ramai diberitakan, sedapat mungkin saya membatasi diri untuk membaca berita2 / browsing2 di internet, termasuk membatasi juga membuka WAG yang semua isinya (menurut saya) hanya menebarkan ketakutan dan kecemasan. Semakin sedikit saya menerima berita / informasi mengenai perkembangan virus corona di Jakarta / Indonesia / dunia, semakin saya bisa menekan ketakutan dan kecemasan pada diri saya. Kalau pun saya merasa harus mencari tahu mengenai perkembangan virus corona ini, sedapat mungkin saya mencari dari link / website yang terpercaya.

 Alih2 saya mengikuti berita2 yang seringkali terlalu menakutkan, saya memilih untuk ikut kelas yoga by zoom, ikut kelas meditasi, ikut kelas self-healing, ikut kelas stress relieve, ikut kelas baca alkitab, belajar & ber-eksplorasi di dapur, atau bersih-bersih gudang  yang membuat saya bisa tetap waras dan berpikir positif.

Kesehatan badan penting, namun kesehatan mental / batin / jiwa jauh lebih penting. Karena kalau mental / batin / jiwa yang terganggu, kita tidak akan bisa mendapatkan badan yang sehat. Sedapat mungkin kita harus tetap berada dalam keadaan yang sehat dan harmonis antara Mind, Body & Soul.

Suka gemes dan kesal sih kalau liat orang di jalan, entah sedang berkendaraan bermotor, atau dalam kendaraan umum yang tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak dengan lawan bicara, atau juga supir angkot yang masih enak-enakan merokok dalam kendaraan sementara ada penumpang dibelakang .. hari gini koq yah bisa-bisanya hanya memikirkan diri sendiri ??? 

Berharap tingkat kesadaran masyarakat kita membaik dari waktu ke waktu, sehingga setiap kita, apapun agamanya, apapun tingkat pendidikannya dapat lebih aware untuk menjaga sesama, paling tidak dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga (dalam rumah), lingkungan tempat tinggal (RT/RW), lingkungan tempat bekerja, dan seterusnya.

Sekarang ini dalam melakukan berbagai aktifitas baik dirumah maupun diluar rumah, saya dan keluarga selalu menerapkan protocol kesehatan sesuai dengan yang dianjurkan dan ditetapkan Pemerintah :

1.      Memakai Masker jika bepergian keluar rumah

2.      Mencuci Tangan dengan sabun / handsanitizer sesering mungkin

3.      Menjaga Jarak aman (kurleb 1 M) dengan lawan bicara. 

Rutin melakukan penyemprotan disinfektan didalam dan luar rumah secara mandiri, selain yang dilakukan oleh pihak RT / RW untuk lingkungan kami tinggal. Dan mengharuskan anggota keluarga langsung mandi jika habis bepergian.

Kebersihan dan kesehatan pribadi adalah tanggung jawab diri kita sendiri, kalau bukan kita sendiri yang menjaganya siapa lagi??

 Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat, waras dan waspada yahhh …

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Blessed Christmas Eve 2020 ..

.. Keep Calm & Stay Busy ...

#melawan ; Biasakan Yang Benar, Bukan Membenarkan Kebiasaan

Facing The Giants

Happiness Is A CHOICE, Not A Result